Membangun Spirit Karyawan UT Berdasar Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara

Share This Post

Sebagai Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia, Universitas Terbuka (UT) menjadi pionir dalam penyediaan akses Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh (PTTJJ). Melalui PTTJJ, UT mampu menjangkau seluruh masyarakat Indonesia untuk mengakses pendidikan tinggi tanpa ada batasan ruang dan waktu.  Hingga, saat ini UT memiliki 320,000 mahasiswa aktif yang tersebar di pelosok Indonesia maupun luar negeri. Jangkauan yang luas dan besarnya jumlah mahasiswa aktif menjadikan UT memiliki kedudukan strategis untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sekaligus sebagai pagar bangsa.

Berdasarkan mandat, UT berkomitmen dalam memajukan sumber daya manusia Indonesia untuk meningkatkan ketahanan nasional, nilai kebangsaan dan bela Negara. Guna memberikan pembekalan kepemimpinan di lingkungan UT, Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. mengundang seluruh pimpinan dan staf untuk turut serta dalam kegiatan Pembekalan Kepemimpinan tentang Ketahanan Nasional dan Bela Negara yang dilaksanakan di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Kamis (1/8/2019).

Dalam sambutannya, Rektor UT berpesan bahwa dalam menghadapi era globalisasi, diperlukan transformasi yang membawa peluang menuju peningkatan, pengembangan, dan memperkukuh diri sebagai bangsa. Untuk mencapainya, perlu disokong dengan sumber daya manusia yang berkualitas dan didukung dengan pendirian, serta loyalitas kepada bangsa dan negara.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar, M.Sc. selaku Anggota Dewan Pertimbangan Presiden. Tema yang diangkat pada kegiatan ini yaitu “Posisi Strategis Sumber Daya Manusia Dalam Pembangunan Bangsa Dan Bela Negara”. Sumber daya manusia menjadi tombak keberhasilan dalam pembangunan nasional Indonesia termasuk pembangunan bangsa dan upaya bela negara. Untuk menjadi bangsa yang besar, tiap rakyat perlu meningkatkan rasa nasionalisme, memiliki kualitas SDM yang baik, berwawasan kebangsaan dan sikap disiplin.



Tinggalkan Balasan