Jack Ma Resmi Pensiun dari Alibaba Group

Share This Post

Media Massa, Teknologi – Siapa yang tidak kenal dengan sosok pendiri perusahaan e-commerce raksasa didunia “Alibaba Grup”  Jack Ma, resmi mengundurkan diri (pensiun) dari jabatan Chairman di perusahaan teknologi raksasa asal China itu hari ini 10 September 2019. Ia digantikan oleh Daniel Zhang.

Mengutip Tekonologi.id, Selasa (10/9/2019), Momen pensiun ini bertepatan dengan hari ulang tahun Jack Ma yang ke-55. Ia bersama Alibaba Group pun mengadakan sebuah pesta perpisahan di stadion Hangzhou Olympic Sport Center.

Selain bersamaan dengan hari ulang tahun, tanggal 10 September ini ternyata juga bertepatan dengan Hari Guru Nasional di Negeri Tirai Bambu. Alasan Ma mengundurkan diri sendiri sebenarnya berhubungan dengan Hari Guru Nasional itu.

Menurut laporan Forbes, Ma pensiun lantaran ingin fokus sebagai seorang filantropis di dunia pendidikan. Sektor yang menarik perhatiannya adalah bidang pendidikan.

 

Foto: Financial Times

Ia dulu pernah menjadi seorang pengajar mata pelajaran bahasa inggris di China. Pada saat itu, ia dipanggil dengan sebutan “Teacher Ma”.

Semangatnya di bidang pendidikan pun terus membara. Pada tahun 2014, ia merintis Jack Ma Foundation yang fokus di kegiatan sosial dan kemanusiaan, termasuk pendidikan. Latar belakang dibangunnya perusahaan penggalangan dana ini lantaran terinspirasi dengan Bill Gates yang merintis perusahaan serupa, yaitu Bill & Melinda Foundation.

Meski sudah tak jadi Chairman, Ma tidak akan sepenuhnya meninggalkan Alibaba Group. Ia akan bergabung menjadi jajaran direksi Alibaba Group untuk menjadi mentor bagi perusahaan e-commerce raksasa ini.